Terpenting : agar setiap hari anda
tidak ketar-ketir (waspada takut macet/berhenti mendadak) membawa
kendaraan roda dua anda, sebaiknya lakukan pengecekan berkala, baik itu :
1. Perjalanan jauh,
2. Tidak pernah dipergunakan, atau bahkan
3. Memiliki kendaraan berlebihan (banyak sekali dirumah sampai bingung pilih warna
apa) J
Kebanyakan dari perubahan zaman yang
edan ini J,
1 (satu) kediaman/rumah memiliki
minimal 2 kendaraan.. Ini sudah tak kita herankan lagi belahan bumi manapun
mungkin “kata berlebihannya sudah biasa”.
Tak perlu panjang lebar lagi mari
siapkan diri baca baik-baik pengamatan dan ilmu yg akan saya share untuk anda J
Motor 2 tak/2 kali kerja. Cara perawatannya yakni ;
1. Selalu cek keadaan oli samping anda, bila anda
tidak memiliki penampung oli samping buat sendiri dong J apabila
tidak mau ribet? Tidak mau susah payah cari barang ini itu, campur bensin
dengan oli, takarannya 1 liter = 1 sampai 1,5 tutup oli
tersebut J.
Fungsi oli samping adalah sebagai pelumas dibagian seher(piston),
stang seher, dan klaher bearing as krug.. Dimana motor 2
tak selalu akan mebutuhkan oli samping tersebut, dan pengaturan takaran oli
samping harus diatur dengan volume/takaran.. Bila telalu irit = overheat/mesin panas berlebihan.
Sedangkan bila terlalu boros
= motor mberebet dan
asap berlebihan keluar dari knalpot) Penting
; kalau sampai habis/kering oli samping, yang akan terjadi adalah motor
ngejim.. tidak dapat digunakan kembali, dan biayanya lumayan mahal.. servis total..
Kesimpulannya “sangat penting” oli samping dikendaraan bermotor 2
tak. Wajib/Mutlak/harga mati!
2. Periksa/cek Busi
Artikel berikutnya akan kita bahas cara periksa Busi yang layak pakai..